Kamis, 01 Januari 2009

Kamaloyang

Kamaloyang merupakan kue jadul yang sekarang susah ditemukan. Kalau dipulau jawa orang mengenalnya dengan kue kembang goyang,mungkin karena bentuknya mirip bunga atau kembang serta cara bikinnya yang digoyang agar kue lepas dari cetakan saat digoreng. Kue yang satu ini rasanya mirip peyek tapi tanpa kacang,ada rasa sedikit pedas,terbuat dari tepung beras. Kebanyakan orang mengenal rasanya yang manis tapi ada yang membuatnya ditambah sedikit cabe. Dulu kue kamaloyang merupakan kue favorit keluarga,apalagi yang dibuat dari kampung asal bapak yaitu Batusangkar. Dari kecil setiap liburan sekolah apalagi lebaran aku sering ke Batusangkar yg terkenal dengan rumah gadang Pagaruyuang ini. Karna kue ini favorit,aku sampai penasaran untuk mencoba membuat kue ini.





Pertama aku bikin gagal karna adonan lengket dicetakan sampai-sampai bapak(alm) dan ibu(almh) ikut bantu,akhirnya aku tak jadi buat kue kamaloyang,malahan aku bikin peyek dengan menambah kacang tanah. Tapi sekarang setelah aku mendapatkan resep dan tips cara membuatnya dari keponakan bapak akhirnya aku berhasil juga,sedihnya aku bisa membuat tapi kedua ortu ndak bisa mencoba masakan ku karna mereka telah tiada. Yah tak apa2 yang penting aku bisa melestarikan kuliner,ok choy!

Tidak ada komentar: